Pengertian Firmware Beserta Contohnya | KUMANDROID

KUMANDROID.com - So, disini ogut mau menjelaskan tentang pengertian firmware. oke berikut simak penjelasannya  
 
lets check this out :
Firmware merupakan Read only OS yang bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi data. Jadi, modifikasi dari firmware sebenarnya masih memungkinkan,hanya saja tidak semudah penggunaan normal. Hardware atau software khusus dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut . Sifat dari firmware secara garis besar hampir sama dengan sistem operasi pada sebuah komputer. 



Seperti yang kita ketahui, apabila sebuah komputer tidak memiliki sistem operasi maka komputer tersebut tidak akan memberikan manfaat apa-apa, karena tidak mampu untuk menjalankan perintah-perintah dari penggunanya. Namun tetap ada perbedaan antara firmware dengan sistem operasi. Yang paling umum perbedaan tersebut terletak pada ketidakmampuan firmware untuk secara otomatis berevolusi memperbaharui sendiri ketika ada permasalahan pada fungsionalitas.

Memodifikasi firmware pada sebuah perangkat keras bisa dilakukan, namun ada juga beberapa firmware yang tidak bisa diubah. Hal tersebut tergantung kepada penggunaan jenis ROM. Ada dua jenis ROM sebagai penyimpanan program firmware. Yaitu ROM yang bersifat read-only, perangkat yang mengugnakan ROM jenis ini tidak bisa diubah firmwarenya. Dan ada juga ROM yang bersifat read-write, yaitu semacam EEPROM atau Flash ROM, maka perangkat yang memakai ROM jenis ini, firmwarenya bisa diubah seperti dilakukan pembaharuan.



firmware itu apa sih ?
oke, disini ane akan menjelaskan seperti halnya analogi upgrade Window Vista ke Windows 7 karena pasti lebih bagus, stable, dan kenceng Windows 7 daripada Windows Vista.  Nah seperti itu pula upgrade firmware android kita.

Upgrade firmware ada dua macam . Ada upgrade firmware yang official sama yang ngga official . Nah ang official tentu saja maksudnya upgrade sesuai dengan rilis vendor hp nya . misalnya agan pakai  Galcore, kemudian upgrade firmware menggunakan samsung KIES, berarti agan upgrade menggunakan firmware official dari Samsung.

Berbeda halnya jika agan upgrade menggunakan custom ROM yang didapat di internet (misalnya firmware custom dari XDA-Developers). jika bicara suatu hal tentu pasti ada kelebihan dan kekurangan :

kelebihan adalah jika paket-paket yang ditawarkan sama sang pembuat custom firmware tersebut cocok dengan kita, kekurangannya kalau gak cocok . Biasannya custom firmware seperti itu ketika di test lebih oke performannya daripada firmware yang official . karena sang pembuat firmware ini suka melakukan tweaking yang ekstrim . tinggal masalah selera aja mau yang adem ayem , pakailah rom official atau yang suka bereksprimen , silakan lirik custom firmware ( DWYOR tentunya)

Contoh Firmware

Firmware pada Produk Konsumen
  • Sistem waktu dan kontrol pada mesin cuci
  • Remote Control Televisi
  • Pemutar lagu MP3 Player
  • Kalkulator
Firmware pada Komponen Komputer
  • BIOS
  •  UEFI
  • Open Firmware
  • ARCS pada komputer Silicon Graphic
  • Kickstart

Firmware pada Router dan Firewall
  • OpenWRT
  • m0n0wall
  • IPFire

Oke bosskuh sekian tulisan  yang bisa ogut sampaikan untuk pengertian firmware dan contoh-contoh firmware. Semoga dengan adanya artikel ini kita semua mendapat wawasan baru untuk istilah-istilah yang ada di dunia teknologi, khususnya dunia komputer.  Semoga Bermanfaat :)



News
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.