Beginilah Cara Rahasia Memilih Laptop Yang Bagus Dan Berkualitas

 

Beginilah Cara Rahasia Memilih Laptop Yang Bagus Dan Berkualitas - Di era modern ini, laptop menjadi alat penting untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas sehari-hari. Namun tak sedikit yang merasa telah salah membeli laptop. Seperti apa laptop yang bagus itu? Lalu bagaimana cara memilih sebuah laptop yang bagus?.

MYKUMANDROID.com - Jika Anda salah satu yang pernah mengalami hal tersebut, berikut tips memilih laptop dengan spesifikasi bagus dan kualitas bagus yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Berikut dibawah ini Cara Rahasia Memilih Laptop yang Bagus Dan Berkualitas.

Cara Rahasia Memilih Laptop Yang Bagus Dan Berkualitas

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat dijadikan acuan untuk menilai kualitas sebuah laptop. Namun disini Kami  merangkumnya menjadi beberapa tips penting khusus untuk kamu yang masih bingung memilih laptop.

Lihat Kebutuhan

Percuma membeli sebuah laptop berkualitas dan mahal jika untuk keperluan mengetik sehari-hari. Ini seperti membeli sebuah pizza tetapi sebenarnya tidak menyukai pizza hanya membuang-buang uang. Sayang kalau sisa uangnya harus dipakai untuk keperluan lain. Kebutuhan menjadi faktor penentu harga sebuah laptop. Kalau hanya untuk keperluan mengetik, sebaiknya beli sebuah laptop yang harganya sekitar 3 jutaan.

Untuk mengetik, desain grafis dan multitasking yang tidak terlalu berat, seperti kegiatan mahasiswa atau kantoran, Anda dapat membeli laptop di kisaran 4-5 jutaan. Namun jika untuk keperluan gaming, editing video dan pekerjaan yang membutuhkan sebuah performa tinggi, saya sarankan minimal 4GB core i5 RAM. Atau beli laptop asus rog atau acer predator yang lebih stabil.

Sesuaikan Kisaran Anggaran

Setelah mengetahui jenis laptop apa yang dibutuhkan, hal selanjutnya yaitu uang. Mau beli laptop bagus tapi tidak sesuai budget. Siapkan kisaran budget yang dibutuhkan, misalnya ingin membeli sebuah laptop untuk desain grafis yang harganya antara 4-5 jutaan.

Pilih Desain Laptop

Pertama-tama dalam mencari laptop yang diperhatikan adalah desainnya. Apakah desainnya elegan, kokoh dan tahan lama dalam penggunaan jangka panjang? Lihat juga bahan dasar pada body laptop, ada yang plastik (polycarbonate), dan ada juga yang metal (aluminium). Sesuaikan dengan selera.

Secara umum ada dua model desain laptop, yaitu hybrid (2 in 1: laptop dan tablet) dan konvensional. Ini juga penting, selain desainnya yang keren juga butuh sebuah daya tahan yang baik. Silakan cari beberapa desain laptop serupa di internet. Setelah Anda kemudian bisa beralih ke faktor lain.

Kenyamanan Keyboard Dan Touchpad

Ini merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Sebab  terkadang banyak keyboard yang tidak nyaman digunakan pada saat anda mengetik. Selain itu touchpad juga diuji, ada beberapa kasus seperti pada salah satu notebook acer yang suka main-main dengan kursor. Tes sensitif juga pastikan tidak klik kiri dan kanan pada touchpad. Terkadang ada jenis laptop yang diklik keras dan kursor tidak bisa bekerja.

Perhatikan Spesifikasi Utama

Ini adalah bagian terpenting! Spesifikasi utama yang harus diperhatikan dari sebuah laptop adalah prosesor, jenis harddisk, RAM, dan kartu grafis atau VGA. Pertama lihat prosesornya, semakin tinggi semakin baik. Kemudian pastikan jenis harddisk SATA bukan SSD karena SSD adalah jenis harddisk yang sering error. Setelah itu cek RAM, semakin besar akan semakin bagus, bahkan sekarang ada yang DDR4.

Terakhir, periksa kartu grafisnya, kartu grafis standarnya yaitu Intel HD, lebih baik lagi jika mendukung Nividia. Cara mudah untuk mengeceknya adalah dengan menekan tombol Win+R, lalu ketik dxdiag. Jika muncul dialog, klik saja ya. Nanti semua spesifikasi di atas akan muncul.

Selain itu, Anda pasti tidak ingin laptop yang Anda beli menjadi suatu taruhan rendah bukan? Nah, sebelum membeli, pastikan juga melihat bagian dari spesifikasi baterai atau bertanya langsung pada penjualnya. Pastikan Anda tidak kecewa dengan performa baterai pada laptop. Biasanya baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 5-8 jam.

Konektivitas Laptop

Kemudian selain spesifikasi di atas, yang juga perlu Anda periksa adalah konektivitas laptop. Konektivitas yang umum di laptop adalah colokan USB, DVD, LCD proyektor, Micro SD, dan kabel LAN. Jangan lupa cek kelengkapannya ya sob!

Layanan Garansi Dan Pusat Layanan

Perlu diingat bahwa laptop yang mempunyai kualitas bagus biasanya memberikan masa garansi yang lama. Ada yang memberikan garansi hingga 2 tahun dan ada juga yang hanya satu tahun. Lalu lihat juga jenis pada garansinya, apakah garansi resmi atau distributor? Pastikan garansi resmi bukan dari distributor! Selain itu, perhatikan juga apakah service center sudah tersedia pada wilayah Anda. Jangan sampai service centernya masih jarang, bisa berantakan kalau terjadi rusak.

Ukuran Laptop

Ukuran laptop juga perlu diperhatikan, jika Anda termasuk orang yang memiliki mobilitas tinggi sebaiknya mencari laptop yang tidak terlalu berat. Selain itu, ukuran layar laptop harus 14 inci untuk laptop standar. Karena ada juga layar laptop yang lebih besar dari 14 inci.

Merek Atau Brand

Sebenarnya merek laptop tidak terlalu penting. Hanya saja ada merk-merk yang sudah terpercaya seperti Apple, Acer, Toshiba, dll. Sekedar saran saja jika anda masih awam dan ragu dengan merk baru sebaiknya pilih sebuah merk yang jelas.

Bandingkan Dengan Laptop Lain

Terkadang laptop mempunyai spesifikasi yang hampir sama tetapi harganya tidak sama. Hal ini dipengaruhi lagi oleh merek. Coba cari laptop yang mempunyai spesifikasi serupa lalu bandingkan mana yang harga paling bersahabat untuk dibeli.

Demikian Ulasan Tentang, Beginilah Cara Rahasia Memilih Laptop Yang Bagus Dan Berkualitas. Semoga Bermanfaat.

News Review technology tips and trik Tutorial
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.