Ketahui Ciri - Ciri Komputer Kena Hack

Ketahui Ciri - Ciri Komputer Kena Hack - Cyber ​​security atau keamanan komputer sudah menjadi salah satu ancaman terbesar bagi siapa saja yang melakukan aktivitas online. Meskipun komputer Anda memiliki perangkat lunak antivirus yang diinstal, itu tidak menjamin bahwa sistem Anda benar-benar aman dari serangan dunia maya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tanda-tanda komputer jika telah diretas.

KUMANDROID.com - Masalahnya adalah kebanyakan peretas tidak memberi tahu korban bahwa mereka telah diretas. Biasanya, peretas bisa masuk ke komputer korban tanpa mereka tahu kapan ada tindakan yang dilakukan. Jadi kita tidak tahu apakah ini pertanda komputer telah diretas oleh hacker, Berikut dibawah ini Ciri - Ciri Komputer Kena Hack.

Ciri - Ciri Komputer Kena Hack

Dengan begitu, mereka dapat kembali lagi untuk melihat atau menemukan apa yang dapat mereka lakukan. Sayangnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah komputer Anda telah diretas oleh seseorang. Jadi apa yang harus aku lakukan? Untungnya, ada beberapa tanda bahwa peretas mungkin menyerang jaringan atau komputer Anda. Dilansir dari Techworm, berikut 5 tanda komputer Anda telah diretas.

Pesan Antivirus Palsu

Siapa bilang semua software antivirus itu bagus dan bisa menghilangkan virus di komputer Anda? Di zaman yang kompleks ini, bentuk penipuan dan ancaman semakin kompleks. Jangan salah, virus dan malware kini bisa menyamar sebagai program antivirus dengan tampilan yang tak kalah rapi dan bagus.

Ini menginfeksi komputer Anda dengan menampilkan pesan bahwa Anda terinfeksi virus dan Anda memerlukan antivirus khusus untuk menghapusnya. Ancaman semacam itu dikenal sebagai Scareware dan Anda harus tahu cara membedakan antivirus mana yang asli dan mana yang palsu. Jangan biarkan perangkat lunak antivirus menghuni komputer Anda yang justru menambah ancaman alih-alih perlindungan.

Adanya Toolbar Yang Baru Di Browser Padahal Tidak Pernah Install

Ciri-ciri komputer yang diretas kemudian bisa dilihat di browser. Anda mungkin memiliki beberapa toolbar baru, periksalah. Jika bukan dari penjual yang sangat populer, segera hapus toolbar palsu.

Mengalihkan Halaman Situs

Anda akan selalu diarahkan ke halaman web yang tidak Anda ketahui saat pertama kali membuka browser, atau saat Anda mengklik tautan apa pun di browser Anda. Peretas biasanya menyematkan ekstensi khusus di browser Anda jika ini terjadi. Jadi, silakan cari ekstensi, lalu hapus. Atau Anda cukup meng-uninstall browser, lalu menginstalnya kembali.

Temanmu Menerima Ajakan Di Sosial Media Yang Tidak Pernah Anda Kirimkan

Bukan hanya satu atau dua kasus seperti itu, Anda atau teman Anda akan mengerti. Anda biasanya merasa bingung dan bertanya-tanya. Karena pada dasarnya, para peretas mengambil alih situs media sosial dan membuat profil palsu, atau Anda atau teman Anda sengaja membuat akun kedua.

Password Berubah Sendiri

Apakah Anda pernah mengubah kata sandi untuk akun online sendiri? Ada dua kemungkinan, akun Anda mungkin telah diretas atau layanan online yang Anda gunakan telah diretas. Jika demikian, ubah kembali kata sandi akun layanan dan akun terkait lainnya. Juga, gunakan otentikasi dua faktor.

Akun Online-Mu Kehilangan Uang

Jika Anda tidak beruntung, Anda bisa kehilangan semua uang Anda jika peretas mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda. Untuk menghindarinya, aktifkan notifikasi transaksi yang dapat mengirim pesan teks melalui email atau SMS yang disediakan oleh bank jika terjadi transaksi dengan rekening keuangan Anda di luar batas.

Adanya Software Baru

Jika Anda melihat lebih dekat dan komputer Anda memiliki perangkat lunak yang belum pernah Anda instal sebelumnya, ada kemungkinan sistem Anda telah disusupi. Komputer yang terinfeksi virus biasanya menginstal perangkat lunak tertentu seperti perangkat lunak yang sebenarnya. Anda harus menonaktifkannya secara selektif.

Anda dapat memeriksa Autoruns (untuk Windows), meskipun tidak menampilkan semua program yang diinstal, tetapi ini akan memberi tahu Anda mana yang mulai secara otomatis saat Anda me-restart komputer Anda.

Anda dapat menemukan banyak malware di sini. Namun, bagian yang sulit adalah mengetahui perangkat lunak mana yang asli dan malware mana. Jika Anda tidak yakin, hapus saja program yang tidak Anda inginkan dari Control Panel.

Kata Sandi Tidak Berfungsi

Cara mengetahui komputer kita dari jarak jauh jika Anda belum mengubah kata sandi tetapi kata sandi tiba-tiba berhenti berfungsi dan Anda tidak dapat mengakses akun Anda. Nah, Anda harus berhati-hati, komputer Anda kemungkinan besar akan diretas.

Tiba-Tiba Jumlah Teman Meningkat Drastis

Bagaimana Anda tahu komputer kami sedang dipantau Jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa Anda memiliki lebih banyak teman di jejaring sosial Anda yang Anda tidak tahu dan tidak ingat kapan harus menambahkannya, itu berarti akun Anda telah diretas dan digunakan untuk mengirim spam.

Ikon Baru Muncul Di Dasbor

Saat Anda membuka browser dan melihat ikon baru di dasbor, itu bisa menjadi tanda bahwa beberapa kode berbahaya telah menyusup ke komputer Anda.

Kursor Bergerak Sendiri

Jika Anda memperhatikan bahwa kursor bergerak dengan sendirinya dan menyoroti sesuatu, komputer Anda pasti akan diretas. Printer Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya Tanda-tanda serangan cyber tidak hanya mempengaruhi komputer itu sendiri tetapi juga printer Anda. Misalnya, ketika dia menolak untuk mencetak atau mencetak sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Demikian ulasan tentang, Ketahui Ciri - Ciri Komputer Kena Hack. Semoga bermanfaat.

News technology tips and trik
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.