Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis - Baterai merupakan perangkat penting bagi laptop, dikatakan penting karena laptop dan baterai saling berhubungan satu sama yang lain. Secara umum fungsi baterai pada laptop menghemat daya sehingga laptop saat dinyalakan dapat menyala dengan maksimal.

KUMANDROID.com - Saat ini sudah banyak laptop dengan baterai yang dapat menyimpan daya lebih karena fungsi laptop kini tidak hanya sebagai mesin ketik portabel, tetapi sebagai perangkat serbaguna. Nah berikut dibawah ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Laptop  Yang Cepat Habis.

Penyebab Masalah Baterai Laptop Cepat Habis

Saat membeli laptop, memperhatikan kapasitas dan penyimpanan daya baterai merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Mengingat fungsi dari laptop itu sendiri, nantinya Anda akan menggunakannya sebagai alat multifungsi dalam menyelesaikan beban kerja Anda.

Meski baterai diklaim awet, namun jika tidak dirawat dengan baik, kondisi penyimpanan daya baterai akan cepat menurun sebelum masa garansi habis. Masalah yang muncul pada baterai laptop seringkali disebabkan oleh pengguna yang kurang memperhatikan perawatan dan penggunaan yang benar, misalnya:

·         Baterai terisi 100% tetapi pengisi daya masih terpasang dan mengisi daya laptop.

·         Baterai yang terlalu sering kosong memiliki daya listrik 0% karena penggunaan yang lama.

·         Menggunakan pengisi daya baterai non-asli

·         Terlalu banyak membuka aplikasi yang menguras daya baterai.

·         Terlalu panas pada adaptor baterai karena menggunakan pengisi daya terlalu lama

Mengatasi Masalah Baterai Laptop Cepat Habis

Mengatasi baterai laptop yang cepat habis harus diketahui oleh para penggunanya. Kemungkinan besar, banyak aplikasi atau perangkat lunak yang menghabiskan daya baterai tanpa disadari oleh pengguna. Aplikasi seperti browser internet juga sangat memakan baterai, mengingat browser bawaan akan tetap mengkonsumsi daya meskipun pengguna tidak menggunakannya.

Selain itu, bermain game PC berat dan menonton film juga membuat baterai laptop cepat habis. Setiap laptop memiliki hardware seperti Graphic Card, Processor, Speaker, Monitor, Exhaust Fan dan lain-lain yang dapat mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak. Berikut cara efektif mengatasi baterai laptop yang cepat habis!

Gunakan Hibernasi Ketimbang Sleep

Pastikan Anda menemukan mode Hibernate di perangkat laptop. Mode ini berbeda dengan mode Sleep, karena Hibernate dapat mematikan semua resource, seperti mode Shutdown. Namun bedanya, semua status program yang terbuka masih tersimpan di memori. Jika Anda menggunakan mode Sleep dalam waktu lama, baterai akan tetap tersedot sehingga ketika dihidupkan tiba-tiba bisa hidup sedikit.

Singkatnya, jika laptop tidak akan digunakan hanya dalam waktu singkat, gunakan Sleep. Jika laptop tidak akan digunakan untuk sementara waktu, gunakan Hibernate. Jika laptop tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, gunakan Shutdown.

Dinginkan Baterai Laptop

Cobalah untuk mendinginkan baterai laptop Anda yang sering terkuras dari waktu ke waktu. Bisa jadi baterai laptop tiba-tiba habis karena overheat atau kepanasan. Anda bisa menggunakan coolingpad laptop, atau kipas biasa yang diarahkan ke mesin dan baterai laptop. Jangan dimasukkan ke dalam freezer, itu hanya mitos yang beredar di internet.

Kalibrasi

Bisa jadi sebenarnya baterai laptop kamu tidak cepat habis, tapi hanya indikatornya yang salah. Misalnya, sebenarnya baterai hanya 70%, tetapi indikator menunjukkan masih 100%. Padahal sebenarnya batere di 1% malah indikatornya bisa menunjukkan 30%.

Inilah yang sering dilupakan oleh pengguna laptop, bahwa baterai tidak selalu bermasalah, bisa jadi hanya indikator. Jika Anda menduga ini penyebabnya, misalnya laptop tiba-tiba mati padahal masih 30%, coba kalibrasi baterai laptop lalu lihat apakah kondisinya membaik atau tidak.

Atur Konsumsi Daya Hardware

Jika laptop Anda memiliki akses ke adaptor Bluetooth, perangkat nirkabel, atau disk USB yang tidak digunakan, cabut semua perangkat eksternal karena hanya akan menguras baterai laptop. Perhatikan juga kapasitas RAM yang digunakan, karena Windows terus menerus menggunakan memori RAM untuk menyimpan data. Jika RAM sudah penuh, silahkan tambahkan memori RAM menjadi 4 GB (atau 8 GB pada standar 2019).

Perhatikan Kecerahan Layar

Layar monitor laptop merupakan faktor besar yang memicu baterai terkuras. Anda harus dapat menghemat baterai dengan menekan tombol kata kunci tertentu untuk menurunkan kecerahan layar. Caranya tekan CTRL+F6 secara bersamaan, otomatis kecerahan layar LCD akan berkurang. Kami menyarankan Anda menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan situasi Anda. Jika gelap, layar tidak boleh terlalu terang karena akan memicu kerusakan mata.

Selain kecerahan, resolusi layar juga mempengaruhi masa pakai baterai. Resolusi layar yang tinggi menyebabkan GPU bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak piksel. Hal sebaliknya berlaku untuk layar dengan resolusi rendah.

Atur Power Plan

Power Plan adalah pengaturan yang berhubungan langsung dengan daya baterai. Pengaturan Kinerja Tinggi digunakan untuk bermain game, mengedit video, dan aktivitas berat lainnya. Namun, mode ini akan menguras baterai dengan sangat cepat. Sebaiknya pilih Power Saver atau Balance untuk penggunaan sehari-hari, apalagi jika tidak dicolokkan. Anda juga tidak perlu menggunakan screensaver untuk menghindari penggunaan Graphic Card atau CPU laptop.

Matikan Service Background

Perlu diketahui bahwa proses aplikasi yang berjalan di background juga bisa membuat baterai laptop akan cepat habis. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak digunakan dan lalu nonaktifkan pembaruan layanan di latar belakang.  Anda dapat mematikan program yang berjalan saat startup dengan msconfig. Anda juga dapat mematikan proses latar belakang yang berjalan dengan membuka Task Manager (ctrl + alt + del) di Windows.

Rawat Baterai Dengan Benar

Jika baterai pada perangkat laptop sering habis setiap kali digunakan, maka secara perlahan akan kehilangan kemampuan untuk mengisi baterai yang membuatnya tidak bekerja secara maksimal. Hal semacam ini akan semakin parah jika laptop terus menerus digunakan untuk performa. Bahkan masa pakai baterai akan berkurang dengan cepat.

Demikian ulasan tentang, Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis. semoga bermanfaat.

News Review technology tips and trik Tutorial
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.