Inilah Cara Mengetahui Perbedaan Antara Flashdisk Asli Dan Palsu

Inilah Cara mengetahui Perbedaan Antara Flashdisk Asli dan Palsu - Cara Cek Flashdisk Asli atau Palsu. Apakah Anda sering terkecoh dengan produk Flash palsu atau palsu? Mau tau bedanya asli dan palsu? Baca artikel ini sampai selesai.

MYKUMANDROID.com - Saat ini banyak sekali flashdisk palsu dengan berbagai merek yang beredar di pasaran. Yang paling umum adalah Toshiba dan Sandisk. Banyaknya varian dan jenis flashdisk dari berbagai merek membuat konsumen sulit membedakan produk asli dan palsu.

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membedakan produk asli dan palsu. Dipadukan dengan harga yang lebih murah dari flashdisk pada umumnya, hal ini pasti akan membuat Anda semakin tergiur untuk membelinya.

Selain itu, sangat mudah untuk mendapatkan flash drive palsu berkat toko online. Di toko online, Anda akan lebih sulit untuk mengetahui keaslian flashdisk, kecuali jika Anda membelinya langsung dari toko resminya.

Perbedaan Flashdisk Asli dan Palsu

Untuk bisa membedakan barang palsu dengan barang asli, kamu harus bisa mengecek detail fisik flashdisk yang akan kamu beli. Jadi, inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari membeli flash drive palsu, termasuk:

Bentuk Port Usb

Tahukah Anda bahwa bentuk dan lekukan port USB pada flash drive asli akan lebih rumit daripada port USB flash drive palsu. Jika flashdisk palsu, proses pembuatan atau produksinya pasti akan asal-asalan dan tidak terlalu memperhatikan detail, seperti halnya port ini. Anda dapat menganalisis bagian port apakah itu kompleks atau tidak.

Jika memuat detail yang sangat rumit, maka flashdisk tersebut bisa dikatakan original. Anda dapat menggunakan langkah dasar ini untuk dapat dengan mudah membedakan antara flash drive asli atau palsu yang akan Anda beli.

Segel Dan Hologram Garansi

Logo distributor adalah salah satu ciri pembeda flashdisk. Logo distributor resmi akan ditempelkan pada setiap paket untuk menunjukkan bahwa produk tersebut asli. Ini juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan apakah flashdisk Anda asli atau palsu.

Logo atau hologram distributor ini biasanya digunakan untuk barang-barang elektronik seperti flash drive, SD card, hard drive, dll yang memiliki masa garansi. Ada flashing, jika ada segel garansi resmi / hologram, dapat dipastikan barang tersebut asli.

Dan yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap merek memiliki sifat penyegelan yang berbeda, jadi Anda harus memahami distributor resmi yang mendistribusikan produk tersebut.

Harga Terlalu Murah

Umumnya. Flashdisk asli yang dikeluarkan dari luar negeri akan melewati tahap kepabeanan, setelah itu akan dialihkan ke distributor resmi untuk kemudian dipasarkan secara besar-besaran.

Dengan adanya pajak dan bea cukai, setiap barang yang datang dari luar negeri akan mengalami kenaikan harga yang sangat besar. Akibatnya harga jual akan jauh lebih tinggi dari harga awal yang diberikan oleh pabrik produksi.

Hal ini pula yang memunculkan istilah “pasar gelap”. Dengan adanya pasar gelap, produsen palsu dapat mengklaim bahwa barang yang mereka hasilkan adalah pasar gelap, meskipun mereka hanya produk palsu. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika menemukan produk dengan harga yang sangat murah.

Garansi

Jika Anda membeli flash drive, pastikan garansi flash drive masih lama. Jika yang ditawarkan adalah flashdisk dummy, biasanya garansinya hanya satu atau dua hari, satu minggu, dan satu bulan. Namun jika flashdisk tersebut original, maka garansi yang ditawarkan biasanya sangat lama, yakni 1 tahun, 2 tahun, atau bahkan 5 tahun pemakaian.

Warna LED

Tahukah Anda bahwa warna LED pada flashdisk Toshiba asli berbeda dengan yang palsu? LED pada flashdisk Toshiba asli akan berwarna kuning kehijauan, sedangkan yang palsu akan berubah menjadi merah. Jadi jika Anda menemukan flash drive Toshiba dengan LED merah di atasnya, itu pasti produk palsu.

Flashdisk Susah Dibaca

Pada umumnya flashdisk asli jika disambungkan ke komputer akan tersambung lurus dan kuat. Tidak seperti flash drive palsu, ketika terhubung, itu akan sedikit miring dan tidak terlalu tahan lama. Dalam keadaan bengkok ini, flash drive dummy biasanya sulit dideteksi oleh komputer, dan harus sering dihubungkan agar dapat dideteksi.

Kecepatan Transfer Tidak Stabil

Pada flash palsu, biasanya kecepatannya tidak stabil. Mungkin awalnya cepat. Tetapi kemudian kecepatannya akan berkurang secara signifikan dan tidak akan meningkat lagi. Ini menunjukkan bahwa flash drive itu palsu.

Warna Kemasan Buram Dan Tidak Tajam

Kemasan pada flash drive palsu biasanya sedikit berbeda dan sedikit tidak menarik. Garis dan gambar pada kemasannya kabur dan agak kabur. Sedangkan dengan aslinya, flashdisk tersebut terlebih dahulu diuji dengan beberapa tes sebelum diproduksi, dan jika tidak memenuhi standar maka flashdisk tersebut tidak akan dipasarkan.

Untuk membedakan bahwa produk yang dibuat adalah asli, produsen akan memberikan barang-barangnya dengan karakteristik tertentu sehingga mudah untuk membedakan yang asli dari yang tiruan. Salah satu contohnya adalah kualitas kemasan dan warna yang tajam.

Data Mudah Rusak

Data yang disimpan ke flashdisk asli akan sangat aman, bahkan jarang sekali terjadi file corrupt. Sedangkan data yang disimpan di flashdisk KW, data akan cepat rusak. Bahkan file yang baru saja dikirim ke flashdisk (juga dapat disebut USB flash drive), langsung hilang ketika flashdisk dicabut dari sebuah komputer.

Demikian ulasan tentang, Inilah Cara mengetahui Perbedaan Antara Flashdisk Asli dan Palsu. Semoga bermanfaat.

Spesifikasi technology tips and trik
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.