Mengetahui Tips Memilih Headset Gaming yang Pas

 

Mengetahui Tips Memilih Headset Gaming yang Pas - Memilih headset gaming yang tepat lebih rumit daripada kedengarannya. Simak beberapa tips dalam memilih headset gaming yang tepat sesuai kebutuhan berikut ini. Di kalangan gamer, headphone merupakan komponen penting untuk meningkatkan suara game yang mereka mainkan. Namun bukan sembarang headset, gamer biasanya memilih headset gaming khusus untuk menunjang aktivitas gaming mereka.

Seperti namanya, headset gaming berbeda dari model biasa. Selain desainnya yang lebih menarik, aksesoris gaming ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur khusus yang membuatnya berbeda dari headphone biasa.  

Mendapatkan headset gaming yang benar-benar dapat meningkatkan level game Anda cukup rumit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli headset gaming. Agar tidak bingung, kali ini saya ingin berbagi tips memilih headset gaming terbaik untuk kebutuhan Anda. Berikut ini akan kami jelaskan tentang bagaimana Tips Memilih Headset Gaming yang Pas.

Tips Memilih Headset Gaming Yang Pas

Saat memilih headset/headphone gaming, kualitas suara harus selalu menjadi prioritas utama Anda. Anda pasti tidak ingin mendengar suara game/musik yang terdengar seperti berasal dari persentase kaleng bekas bukan? Oleh karena itu, ketika Anda memilih headset gaming, Anda harus mencoba mendengarkan suara yang dihasilkan headset terlebih dahulu.

Dengan cara ini, Anda dapat benar-benar yakin dengan kualitas suara yang Anda miliki. Ini berlaku untuk semua jenis headphone. Bahkan jika Anda ingin membeli headphone premium seperti Sony, Bose atau JBL, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu.

Periksa Kompatibilitas

Sebelum memilih headset gaming, Anda perlu memeriksa kompatibilitas headset dengan platform yang akan Anda gunakan. Pasalnya, beberapa headset gaming hanya berfungsi pada jenis platform tertentu seperti PC, Playstation, atau Xbox. Selain itu, faktor penting lainnya yang harus Anda ingat adalah jenis permainan yang dapat Anda mainkan. Misalnya, game aksi membutuhkan headset game yang lebih kuat agar performa Anda dalam bermain bagus dan dapat menjadi andalan team.

Pilih Kabel Atau Nirkabel

Bagi sebagian besar gamer, memutuskan apakah akan menggunakan kabel atau nirkabel dapat menjadi sesuatu yang layak dipertimbangkan sebelum membeli headset gaming. Kedua pilihan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Headphone berkabel dinilai lebih andal, lebih murah, dan tidak dapat diisi ulang. Untuk headphone nirkabel, sebaiknya jangan berurusan dengan kabel yang kusut.

Pas Di Kepala Dan Telinga

Pemain bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar. Artinya headset gaming yang Anda gunakan harus benar-benar nyaman digunakan. Jika terlalu kencang/berat, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala/ketegangan di leher setelah selesai bermain. Jadi sekali lagi, coba dulu headset gaming yang akan Anda beli.

Selain itu, pertimbangkan juga ear cup saat memakainya. Jika menurut Anda penutup telinga pada headphone terlalu kencang/panas, sebaiknya gantilah. Ingatlah bahwa menggunakan headset yang tidak nyaman dapat menghambat aktivitas bermain game Anda. Kamu juga akan kesulitan untuk fokus nantinya.

Gamer hardcore biasanya merekomendasikan headset gaming berkabel. Alasannya adalah karena perangkat ini tidak memiliki latensi, yang sangat penting dalam keputusan sepersekian detik yang akan Anda buat dalam game. Misalnya, mendengarkan langkah kaki lawan yang mendekat dapat membantu Anda menyergapnya. Tetapi jika headphone Anda memiliki tingkat respons yang buruk, lawan Anda dapat dengan mudah mengejutkan Anda.

Meskipun headphone nirkabel memiliki latensi yang buruk, headphone ini masih dapat digunakan untuk bermain game. Jika Anda tipikal gamer yang suka berpergian atau suka menggunakan headset untuk keperluan lain seperti mendengarkan musik/menonton film, maka model headset nirkabel ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Daya Tahan Baterai

Tips ini berlaku untuk mereka yang ingin membeli headphone nirkabel. Masalah utama dengan model headphone ini adalah masa pakai baterai. Jika Anda bermain game selama berjam-jam, maka Anda pasti harus memilih headset dengan daya tahan baterai yang baik.

Pelacakan Spasial

Fitur ini akan melacak posisi kepala Anda dan mengatur sumber suara. Ini melampaui suara surround, karena suara dari kiri, kanan, atau belakang Anda dapat dipantulkan ke headset. Intinya, fitur ini akan mengatur sumber suara setiap kali Anda menggerakkan kepala. Misalnya, jika ada suara yang datang dari belakang, dan Anda berbelok ke kanan, sumber suara akan menuju ke telinga kanan. Fitur ini sangat ideal untuk gamer dengan layar melengkung atau mereka yang menggunakan headset virtual reality.

Boom Microphone

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat memilih headset gaming adalah kualitas mikrofon. Meskipun mikrofon lubang jarum cukup untuk sebagian besar aplikasi, Anda disarankan untuk tetap menggunakan mikrofon lengan. mengapa? Karena microphone ini akan membuat rekan satu tim Anda bisa mendengar dengan jelas saat Anda sedang bermain game.

Saat Anda menghadapi musuh di seberang ruangan, Anda tidak akan punya waktu untuk mengulang posisi/perintah. Nah, disinilah fungsi boom microphone berperan. Ini akan menghasilkan suara jernih yang diperlukan untuk memenangkan pertempuran tim dan permainan co-op.

Pertimbangan Biaya

Pertimbangan biaya menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli headset gaming. Harga headset gaming juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per buahnya. Semakin tinggi kualitas bahan headset gaming, biasanya akan semakin mahal harganya.

Demikian ulasan tentang, Mengetahui Tips Memilih Headset Gaming yang Pas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.